Senin, 17 Januari 2011

Profil Jurusan Sastra Arab

SEJARAH
Jurusan sastra arab awalnya merupakan seksi Bahasa Arab. Seksi ini dibuka tahun 1965 dan merupakan bagian dari fakultas keguruan sastra dan seni (FKSS). Sebelum itu, ada dua seksi lainnya, yaitu seksi bahasa inggris dan seksi bahasa jerman. Selanjutnya, pada 1966, seksi bahasa arab berubah menjadi juruasan bahasa arab. Kemudian pada tahun 1975, juruasan bahasa arab berubah namanya menjadi departemen bahasa arab. Ketika terjadi perubahan system pada seluruh LPTK dari program sarjana (lama) menjadi S1 dengan masa studi 4 tahun atau 8 semester.
Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) No. 0714/0/1983, tentang jenis jurusan dan fakultas di lingkungan Universitas dan IKIP Negeri se-Indonesia, Departemen Bahasa Arab berubah namanya menjadai Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (JPBA), sedangkan FKSS berubah menjadai Fakultas Pendidikan dan Seni (FPBS). SK Mendikbud tersebut ditindaklanjuti SK Dirjen Dikti Depdikbud No. 107/Dikti/Kep/ 1984 tentang jenis dan jumlah program studi di setiap jurusan pada fakultasa di lingkungan IKIP Malang. Berdasarkan SK itulah, JPBA IKIP Malang memiliki satu program studi, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PSPBA). Kemudian pada tahun 2000, dengan SK Rektor No. 0381/KEP/PT28/H/C/2000, seiring dengan perubahan FPBS menjadi Fakultas Sastra, JPBA berubah menjadi Jurusan Sastra Arab (JSA), dengan program studi sama, yaitu PSBA. Salam wakti dekat, JSA akan membuka program Studi Sastra Arab (PSSA).
JSA merupakan salah satu organisasi di lingkungan Fakultas Sastra (FS) yang berada di bawah induk organisasi Universitas Negeri Malang (UM). Sebagai sebuah organisasi pendidikan, JSA ikut andil dalam melaksankan salah satu amanat UUD 1945, yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalm upaya melaksanakan amanat tersebut, JSA mendukung pelaksanaan pendidikan Tinggi Universitas Negeri Malang (UM) dalam pelaksanaan visi dan misinya.

VISI
Jurusan sastra arab memiliki visi sebgai unit pelaksana akademik Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) yang unggul dalam pengembangan bahasa dan sastra arab serta kependidikan yang peduli terhadap nilai kemanusiaan.

MISI
I. JSA melaksanakan dan mengembangkan bahasa dan sastra Arab serta kependidikannya.
II. JSA melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya akedemik yang unggul dalam bidang bahasa dan sastra Arab beserta kependidikannya.
III. JSA memberdayakan masyrakat gar lebih cerdas, sejahtera, bermartabat, serta peduli terhadap persoalan nusa, bangsa, dan kualitas kinerja dan pengembangan jurusan.
IV. JSA menerapkan manajeman Goo govern dalam rangka membangun lembaga JSA yang sehat.

TUJUAN
Dalam rangka mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan, dirumuskan 6 butir tujuan sebgai berikut:
1. Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan
Pengembangan JSA dalam bidang pendidikan dan kemahasiswaan bertujuan
a. Meningkatkan kualitas masukan mahasiswa
b. Meningkatkan kulaitas dosen
c. Meningkatkan kualitas pembelajaran
d. Meningkatkan hubungan harmonis dosen-mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan akademik
e. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, utamanya Self Access Center (SAC) Jurusan Sastra Arab (JSA)
f. Meningkatkan relevansi kurikulum program studi
g. Meningkatkan kualitas pembinaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler mahasiswa Jurusan Sastra Arab (JSA).
2. Bidang Penelitian dan Pengembangan Ilmu
Pengembangan Jurusan Sastra Arab (JSA) dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu bertujuan:
a. Meningkatkan kuantitas peneliti
b. Meningkatkan kualitas penelitian
c. Meningkatkan aktivitas, produktivitas, dan publikasai ilmiah dalam bidang bahasa dan sastra serta kependidikannya
d. Membudayakan perolehan Hak dan Kekayaan Intelektual (HAKI).
3. Bidang Pengabdian pada masyrakat
Pengembangan Jurusan Sastra Arab (JSA) dalam bidang pengabdian pada masyrakat bertujuan:
a. Meningkatkan kuantitas dan kualitas karya pengabdian kepada masyarakat
b. Meningkatkan kuantitas dosen yang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
c. Meningkatkan kontribusi nyata pengamalan bahasa dan sastra arab serta kependidikannya.
4. Bidang kerjasama
Pengembangan Jurusan Sastra Arab (JSA) dalam bidang kerjasama bertujuan meningkatkan kuantitas dan kualitas kerjasama.
5. Bidang Manajemen dan Kelembagaan
Pengembangan manajemen dan kelembagaan bertujuan:
a. Meningkatkan kapasitas kelembagaan
b. Memantapkan sistem manajemen yang meliputi:
* Peningkatan sarana dan prasaran Jurusan Sastra Arab (JSA)
* Peningkatan sistem manajemen Sumber Daya Manusia (SDM)
* Peningkatan sistem layanan penyelenggaraan pendidikan bahasa arab, penelitian dan pengabdian dalam bidang yang terkait dengan Jurusan Sastra Arab (JSA).
c. Meningkatkan pendayagunaan potensi Jurusan Sastra Arab (JSA)

KETENAGAAN
Saat ini Jurusan Sastra Arab (JSA) memiliki 26 orang dosen tetap (termasuk di dalamnya 7 orang dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) yang secara administratif berada di bawah koordinasi Jurusan Sastra Arab (JSA), dan 5 orang dosen luar biasa. Dosen tetap terdiri atas 3 orang guru besar, 6 Doktor, 14 Magister. 6 orang sedang menempuh S3 dan 2 orang sedang menempuh S2. Dosen luar biasa terdiria atas 1 orang Magister lulusan Universitas Ummul Qura’ Mekkah Saudi Arabia, 1 orang Magister lulusan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarya, dan 2 orang lulusan Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dari segi jabatan di Jurusan Sastra Arab terdapat 12 orang Lektor Kepala, 4 Lektor, 9 orang Asisten Ahli, dan 1 tenaga pengajar. Pada tahun 2011 ini, jurusan sastra arab FS UM telah memiliki 3 orang guru besar, yaitu Prof. Drs. H. Muhaiban (Pakar media pembelajaran bahasa Arab dan Pemerhati bahasa Arab Nasional), Prof. Dr. Moh. Ainin, M.Pd.,(Pakar Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dan pemerhati pembelajaran bahasa Arab) dan sekarang menjabat sebagai Pembantu Dekan III FS UM, Prof. Dr. H. Imam Asrori, M. Pd. (Pakar Media dan anggota penjamin Mutu Universitas sekaligus penjamin mutu Jurusan Sastra Arab) dan dalam proses yaitu Dr. Nurul Murtadha, M. Pd (Pembantu Dekan I Fakultas Sastra Universits Negeri Malang) dan Dr. H. Irhamni, M.Pd. ada 2 dosen yang masih tugas belajar mengambil doktoral diluar negeri yaitu Drs. Taufik Prabawo, DEA dan Mohammad Tohe, S.Pd., M. A dan 4 dosen yang masih yang juga tugas doktoral didalam negeri yaitu Drs. Hj. Anisah Ridwan, M. Pd,. Konsentarasi pada pembelajaran anak di Universitas Gadjah Mada, Ahmad Munjin Nasih, S. Pd., M.Pd.I konsentari pada pembelajaran bahasa Arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Hanik Mahlihatussikah, S. Ag., M. Hum., konsetrasi pada sastra arab di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, H. Khoirul Adib, S. Pd., M. A. konsentrasi pada pembelajaran bahasa Arab di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Dan 1 dosen yang masih mengambil magister konsentrasi pada pembelajaran bahasa arab dan media pembelajaran Mohammad Ahasanuddin, S. Pd., M. Pd. I di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

SARANA PENDIDIKAN
Fasilitas pembelajaran yang digunakan di Jurusan Sastra Arab meliputi laboratorium bahasa (3 ruang dengan kapasitas 24-32 orang), dan laboratorium computer (2 ruang), laboratorium media pengajaran (ruang multimedia), self access center (SAC), dan bengkel kaligrafi. Laboratorium media menyediakan berbgai macam alat bantu dam media pengajaran. Media pengajaran yang sudah dapat diadakan antara lain: kartu gambar, kartu kata, peta, flow chart, berbgai model, papan flannel, papan kantong, dan sebgainya.
Hardware yang tersedia di ruang multimedia dan Self Access Center (SAC) sebgaimana dalam table berikut:

Software yang bisa dimanfaatkan meliputi CD, VCD, kaset recorder, kaset video, internet, dan parabola,. Kaset-kaset yang ada berupa rekaman ceramah, dialog, ceriata, lagu, berita, dan rekaman peristiwa dalam bahasa Native Speaker. Software tersebut meliputi:

Media tersebut terutama digunakan untuk pengenalan, pemahaman dan penghayatan pembelajar mengenai kebudayaan masyrakat pemilik bahasa sasaran. Di SAC mahasiswa dapat belajar secara mandiri melalui (dengan memanfaatkan) koleksi perpustakaan/buku-buku, koleksi perpustakaan virtual/elektronik, koleksi berupa CD/VCD/kaset audio/kaset video/program-program TV Timur Tengah, Website (internet). Mahasiswa juga bisa belajar kelompok dengan memanfaatkan fasilitas tersebut. Laboratorium media dan SAC juga difungsikan untuk memproduksi media pembelajaran.
Perpustakaan di tingkat jurusan dimaksudkan untuk mengatasi keterbatasan buku-buku di perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas. Jurusan Sastra Arab memiliki lebih dari 2000 eksemplar buku yang sebagaian besar berbahasa arab dalam berbagai bidang, seperti bidang agama, bahasa, dan sastra, pengajaran, dan pendidikan, dan ilmu pengetahuan umum. Perpusatakaan jurusan juga dilengkapi dengan penerbitan berkala, seperti majalah, bulletin, dan Koran bahasa Arab.
Koleksi perpusatkaan Jurusan Sastra Arab meliputi:

Bengkel kaligrafi adalh pusat kegiatan pembelajatran dan penyimpanan karya-karya khusus di bidang seni kaligrafi. Alat-alat yang tersedia meliputi: berbgai model karya kaligrafi, berbgai pena untuk membuat karya kaligrafi, meja kaligrafi (30 unit), meja gambar arsitek (6 unit), meja lukis (5 unit), gergaji mesin (4 unit), kompresor (1 unit), dan lain-lain.
PROGRAM STUDI
Jurusan Sastra Arab memiliki 1 program studi, yaitu Program Sarjana Pendidikan Bahasa Arab. Saat ini, JSA berencana membuka program non kependidikan, yaitu program Sarjana Sastra Arab dan S2 Pendidikan Bahasa Arab. Diharapkan dalam waktu yang tidak terlau lama program studi tersebut dapat segera dibuka.
TUJUAN
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab bertujuan menghasilkan guru-guru bahasa arab yang :
1. Memiliki intergritas kepribadian yang tinggi
2. Bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
3. Menguasai secara utuh dasar-dasar ilmu bahasa Arab
4. Menguasai bahasa arab dan terampil dan mengunakannya dalam berbagai peristiwa komunikasi
5. Menguasai metodologi penelitian dan pengembangannya
6. Menguasai bahan ajar bahasa arab dan mampu mengajarkannya di sekolah tempatnya bertugas
7. Mampu menjalankan tugas-tugas lain yang relevan dengan keahliannya.


KOMPETENSI DAN KEWENANGAN LULUSAN
Lulusan Program Sarjana Pendidikan Bahasa Arab memiliki kewenangan penuh untuk menjadi guru bahasa arab pada jenjang SMPS/SMPN/Mts/MtsN dan SMA/SMK/MAN/MA dengan kewenagan tambahan sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menengah, guru bahasa arab untuk anak (MI, TPQ, dan TK), kaligrafer, pemandu wisata, dan penejemah.

KURIKULUM
Penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, menggunakan sistem kredit semester (sks). Untuk menyelesaikan studi Program Sarjana (S1) Kependidikan ada 150 sks yang harus ditempuh. Jumlah tersebut tersebar dalam lima kelompok matakuliah, yaitu:
1. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) 10 sks
2. Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKKI) 10 sks
Matakuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKKII) 101 sks
a. Umum/ MKS 2 sks
b. Kebahasaan 14 sks
c. Kesastraan 10 sks
d. Kebudayaan 6 sks
e. Keterampilan berbahasa Arab 56 sks
f. Pilihan paket khusus 13 sks
* Pendidikan Agama Islam
* Penerjemahan
* Kaligrafi
* Pengajaran Bahasa Arab untuk Anak
* Pengajaran Bahasa Arab untuk Tujuan Khusus
* Komputer Arab dan Internet
3. Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB) 15 sks
4. Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB) 10 sks
5. Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) 4 sks
Sumber catalog Jurusan Sastra Arab 2007 dan di update sampai 2011
jauhar.2007.fs@malang.ac.id, ibnhasanmunawar@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar