Rabu, 10 November 2010

Hot Potatoes


Revolusi Teknologi Komunikasi dan Informasi (TKI) telah mengubah berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk melahirkan revolusi dalam pendidikan (Baso, 2008:1)
Terkait dengan hal ini, berbagai penelitian telah dilaksanakan untuk memproduksi sistem mengajar cerdas dengan computer guna mengatasi masalah tersebut. Namun hal ini tetap tergantung pada kecerdasan artifisial (AI), yang oleh beberapa pakar Computer Based Instruction (CBI) dikatakan bahwa arti sebenarnya AI selau mustahil (Baso, 2008:2)
Program Hot Potatoes adalah software pengajaran bahasa yang terdiri atas enam program yang dapat digunakan untuk membuat materi pengajaran bahasa interaktif berbasis web. Software ini dibuat oleh universitas Victoria di Canada. Software ini dapat digunakan bebas oleh institusi pendidikan. Program ini dapat diperoleh melalui homepage di http://www.halfbakedsoftware.com. Versi sekarang ialah versi 6. Keenam program yang tedapat dalam software ini, adalah:
a)        JBC yaitu program untuk membuat materi latihan pilihan gandang(multiple choice)
b)        JQUIZ yaitu program untuk menyusun materi latihan pilihan ganda (multiple choice) dan jawaban pendek (short answer).
c)        JMIX yaitu program untuk membuat latihan menyusun kalimat.
d)        JCross yaitu program untuk menyusun materi dalam bentuk teka teki silang.
e)        JMatch yaitu program untuk membuat latihan dengan model menjodohkan.
f)          JCloze yaitu program untuk menyusun latihan dalam bentuk  “essai ompong” (fill in the blanks exersice) (Baso, 2008:3)
Program Hot Potatoes menyediakan berbagai fasilitas atau modul pendukung yang menunjang output latihan interaktif. Secara umum, keenam program (JBC, JQUIZ, JMIX, JCross, JMacth, JClose) yang terdapat software ini memiliki format berikut:
a)        Membuat dan menulis materi
b)        Mendesain konfigurasi output
c)        Menyimpan (save) master
d)        Meng-export file atau menyimpan file dalam web document (html) (Baso, 2008:4)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar